Mengenal Perangkat GPU dan SoC

Anda pasti pernah mendengar yang namanya GPU dan SoC yang biasa ada di perangkat Handphone,mari cari tau apa itu Perangkat GPU dan SoC,lebih tau lebih banyak Ilmu...


Mengenal Perangkat GPU dan SoC

Mari kita mulai dari awalnya,GPU pertama kali di pelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999 melalui peluncuran GPU pertama di dunia yakni GPU GeForce 256,GPU memiliki fungsi berbeda dengan CPU,jika CPU hanya memiliki beberapa core tapi GPU memiliki ribuan core,Maka dari itu GPU ini sangat penting untuk kinerja sebuah SmartPhone.

Pada dasarnya,GPU pada SmartPhone mirip seperti VGA pada Komputer,Namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju,dengan berkembangnya teknologi hardware,kini muncul juga yang dinamakan SoC.


Mengenal Perangkat GPU dan SoC

SoC ( System on Chip ) adalah sebuah paket chip yang berisi hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah perintah lengkap di Smartphone atau Tablet,SoC bisa disebut sebuah chip yang isinya adalah prosesor.

GPU dan memory controller,itulah fungsinya supaya ketiga komponen ini tidak lagi terpisah-pisah dan praktis untuk digunakan,Untuk penggemar Game di PC gaming,VGA dan prosesor utama biasanya dipisah namun bagi dunia mobile,SoC adlah solusi yang lebih praktis dan juga Murah.

Demikian Kita Mengenal Perangkat GPU dan SoC semoga kita semakin tau apa yang ada didalam Handphone atau Tablet kita,Semakin tau semakain banyak Ilmu.

0 Response to "Mengenal Perangkat GPU dan SoC "

Post a Comment